Virus yang menyebabkan COVID-19 dapat mendarat di permukaan. Ada kemungkinan bagi orang untuk terinfeksi jika mereka menyentuh permukaan tersebut dan kemudian menyentuh hidung, mulut, atau mata mereka. Dalam kebanyakan situasi, risiko infeksi dari menyentuh permukaan adalah rendah. Cara yang paling dapat diandalkan untuk mencegah infeksi dari permukaan adalah dengan mencuci tangan secara teratur atau menggunakan pembersih tangan.

Membersihkan dan mendisinfeksi permukaan juga dapat mengurangi risiko infeksi.

Selalu ikuti praktik standar dan peraturan yang sesuai khusus untuk jenis fasilitas Anda untuk standar minimum pembersihan dan disinfeksi. Panduan ini diindikasikan untuk bangunan di lingkungan masyarakat dan tidak dimaksudkan untuk pengaturan perawatan kesehatan atau untuk fasilitas lain di mana peraturan atau praktik khusus untuk pembersihan dan disinfeksi mungkin berlaku. Selain itu, pedoman ini hanya berlaku untuk praktik pembersihan dan disinfeksi untuk mencegah penyebaran virus penyebab COVID-19. Ini tidak berlaku untuk pembersihan atau desinfeksi yang diperlukan untuk mencegah penyebaran kuman lain

kapan Harus Membersihkan dan Kapan Harus Disinfeksi

Membersihkan dengan produk yang mengandung sabun atau deterjen mengurangi kuman pada permukaan dengan menghilangkan kontaminan dan mengurangi risiko infeksi dari permukaan.

Ketika tidak ada orang dengan konfirmasi atau dugaan COVID-19 yang diketahui berada di suatu ruangan, pembersihan sekali sehari biasanya cukup untuk menghilangkan virus yang mungkin ada di permukaan dan membantu menjaga fasilitas yang sehat.

Anda mungkin ingin membersihkan lebih sering atau memilih untuk mendisinfeksi (selain membersihkan) di ruang bersama jika ruang tersebut merupakan area lalu lintas tinggi atau jika kondisi tertentu berlaku yang dapat meningkatkan risiko infeksi dari menyentuh permukaan:

  • Transmisi tinggi COVID-19 di komunitas Anda;
  • Tingkat vaksinasi rendah di komunitas Anda;
  • Jarang menggunakan tindakan pencegahan lain, seperti pemakaian masker (di antara orang yang tidak divaksinasi) dan kebersihan tangan; atau
  • Ruang tersebut ditempati oleh orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19

Jika ada orang sakit atau seseorang yang dinyatakan positif COVID-19 di fasilitas Anda dalam 24 jam terakhir, Anda harus membersihkan DAN mendisinfeksi ruangan.

Pembersihan Rutin

Kembangkan Rencana Anda

Tentukan Apa yang Perlu Dibersihkan

Pertimbangkan jenis permukaan dan seberapa sering permukaan disentuh. Umumnya, semakin banyak orang yang menyentuh permukaan, semakin tinggi risikonya. Prioritaskan membersihkan permukaan yang sering disentuh setidaknya sekali sehari. Jika ruang adalah area lalu lintas tinggi, atau jika kondisi tertentu (tercantum di atas) berlaku, Anda dapat memilih untuk membersihkan lebih sering atau mendisinfeksi selain pembersihan.

Pertimbangkan Sumber Daya dan Peralatan yang Dibutuhkan

Perhatikan ketersediaan produk pembersih dan alat pelindung diri (APD) yang sesuai untuk pembersih dan disinfektan yang digunakan (sebagaimana direkomendasikan pada label produk).

Melaksanakan

Bersihkan Permukaan Sentuhan Tinggi

Bersihkan permukaan yang sering disentuh setidaknya sekali sehari atau sesering yang diperlukan. Contoh permukaan sentuhan tinggi meliputi: pena, penghitung, kereta belanja, meja, gagang pintu, sakelar lampu, pegangan, rel tangga, tombol lift, meja, keyboard, telepon, toilet, keran, dan wastafel.

Lindungi Diri Anda dan Staf Kebersihan Lainnya

  • Pastikan staf kebersihan dilatih tentang penggunaan yang tepat dari produk pembersih (dan disinfektan, jika ada).
  • Baca petunjuk pada label produk untuk menentukan tindakan pencegahan keamanan apa yang diperlukan saat menggunakan produk. Ini dapat mencakup APD (seperti sarung tangan, kacamata, atau kaca mata pelindung), ventilasi tambahan, atau tindakan pencegahan lainnya.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik setelah dibersihkan. Pastikan untuk segera mencuci tangan setelah melepas sarung tangan.
  • Jika tangan terlihat kotor, selalu cuci tangan dengan sabun dan air.
  • Jika sabun dan air tidak tersedia dan tangan tidak terlihat kotor, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol, dan cuci dengan sabun dan air sesegera mungkin.
  • Pertimbangan khusus harus dibuat untuk penderita asma. Beberapa produk pembersih dan desinfeksi dapat memicu asma. Pelajari lebih lanjut tentang mengurangi kemungkinan serangan asma saat melakukan disinfektan untuk mencegah COVID-19.

Disinfeksi dengan Aman Saat Dibutuhkan

Jika Anda menentukan bahwa desinfeksi rutin mungkin diperlukan

  • Jika label produk disinfektan Anda tidak menyebutkan bahwa itu dapat digunakan untuk pembersihan dan disinfeksi, bersihkan permukaan yang tampak kotor dengan sabun atau deterjen sebelum disinfeksi.
  • Selalu ikuti petunjuk pada label untuk memastikan penggunaan produk yang aman dan efektif. Label akan menyertakan informasi keselamatan dan instruksi aplikasi. Jauhkan disinfektan dari jangkauan anak-anak. Banyak produk merekomendasikan untuk menjaga permukaan tetap basah dengan disinfektan untuk jangka waktu tertentu (lihat “waktu kontak” pada label produk).
  • Periksa label produk untuk melihat APD (seperti sarung tangan, kacamata, atau kaca mata pelindung) apa yang diperlukan berdasarkan potensi bahaya.
  • Pastikan ventilasi yang memadai (misalnya, buka jendela).
  • Gunakan hanya jumlah yang direkomendasikan pada label.
  • Jika pengenceran dengan air diindikasikan untuk digunakan, gunakan air pada suhu kamar (kecuali dinyatakan lain pada label).
  • Beri label larutan pembersih atau disinfektan yang diencerkan.
  • Simpan dan gunakan bahan kimia jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Jangan mencampur produk atau bahan kimia.
  • Jangan makan, minum, bernapas, atau menyuntikkan produk pembersih dan desinfeksi ke dalam tubuh Anda atau mengoleskannya langsung ke kulit Anda. Mereka dapat menyebabkan kerusakan serius.
  • Jangan menyeka atau memandikan orang atau hewan peliharaan dengan produk pembersih dan desinfeksi permukaan.

Segera hubungi jasa disinfektan covid profesional jika Anda ingin area pribadi Anda bebas dari virus yang mematikan seperti COVID-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published.