Saat tiba waktunya untuk membeli ponsel atau laptop baru, Anda mungkin menemukan daftar spesifikasi dan fitur yang sangat banyak. Banyak yang harus dilalui, dan mungkin saja beberapa dari spesifikasi itu tidak langsung masuk akal.

Untuk membuat hidup Anda sedikit lebih mudah, Teknokarta telah menyoroti faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih ponsel atau komputer. Perangkat ini serupa dalam banyak hal, meskipun dibuat dengan skala yang sangat berbeda, dan kami berharap panduan kami menghilangkan beberapa misteri seputar spesifikasinya.

CPU (unit pemrosesan pusat)

Unit pemrosesan pusat (CPU), kadang-kadang hanya disebut “prosesor,” adalah otak yang menjalankan laptop atau ponsel Anda. Ini pada dasarnya adalah mesin kalkulasi, dan semakin cepat kalkulasi tersebut berjalan, semakin cepat perangkat elektronik Anda bekerja.

Anda biasanya akan melihat “kecepatan jam” yang terkait dengan CPU, yang, dalam istilah sederhana, adalah seberapa cepat ia dapat mengunyah melalui perhitungan. Jumlah inti (pada dasarnya prosesor mini) juga penting semakin banyak, semakin banyak pekerjaan yang dapat dilakukan prosesor pusat sekaligus. Itu berarti kinerja lebih cepat dan lebih banyak aplikasi berjalan lancar pada saat bersamaan.

Seiring waktu, CPU telah dikemas dengan lebih banyak fitur. Semua CPU smartphone teratas, misalnya, sekarang memiliki komponen kecerdasan buatan khusus yang dimaksudkan khusus untuk menangani jenis pemrosesan yang dibutuhkan sistem pembelajaran mesin. Jika Anda melihat ponsel alih-alih komputer, Anda mungkin melihat CPU yang disebut sebagai chipset atau “sistem pada chip”. Itu karena prosesor tersebut mengandung komponen tambahan, seperti modul AI dan modem, selain prosesor utama.

CPU bukan satu-satunya faktor yang menentukan seberapa cepat gadget Anda, tetapi biasanya yang paling penting. Bayar lebih banyak untuk kecepatan dan kinerja ekstra, dan aplikasi Anda akan berjalan lebih cepat dan mampu menangani tugas yang lebih berat.

RAM (memori akses acak)

RAM adalah ruang berpikir untuk komputer atau ponsel cerdas Anda. Ini adalah penyimpanan super cepat tempat aplikasi dan file terbuka, jadi memiliki lebih banyak penyimpanan berarti perangkat Anda cenderung tidak melambat saat Anda meluncurkan aplikasi dan tab browser tambahan.

Jika Anda benar-benar menyukai kinerja atau bangunan komputer, Anda dapat menggali lebih dalam berbagai jenis RAM. Saat Anda meningkatkan skala, modul RAM menjadi lebih cepat dalam mentransfer data, lebih stabil, dan lebih mahal. Untuk sebagian besar pengguna, Anda hanya perlu mempertimbangkan berapa banyak yang tersedia.

Gadget tidak jatuh ketika kehabisan RAM, mereka hanya harus bekerja lebih keras untuk menukar antara file dan aplikasi, jadi Anda dapat melihat mengapa jumlah RAM yang tersedia dan kecepatan CPU memengaruhi perangkat Anda. Ini adalah permainan yang sangat seimbang antara berbagai komponen, dan semakin baik mereka bekerja bersama, semakin cepat gadget Anda.

Misalnya, karena Apple mengontrol setiap aspek perangkat keras dan perangkat lunak pada iPhone-nya, ia dapat memperoleh kinerja tingkat atas dengan RAM lebih sedikit (4GB pada iPhone XS Max terbaru, dibandingkan dengan minimum 8GB pada Samsung Galaxy S10 Plus terbaru). ). Ini tidak sepenting kecepatan CPU, tetapi semakin banyak yang Anda miliki, semakin baik.

Penyimpanan internal dan eksternal

Setiap komputer dan telepon dilengkapi dengan sejumlah penyimpanan internal, yang merupakan catatan permanen dari semua angka satu dan nol yang menyusun perangkat lunak dan file di perangkat Anda. Ini adalah rumah bagi Windows, macOS, Android, atau iOS, serta semua aplikasi dan program yang Anda gunakan. Itu juga berarti Anda tidak akan pernah bisa mengakses semua penyimpanan di perangkat, karena sistem operasinya akan memakan sebagian ruangan.

Sekali lagi, semakin banyak semakin baik, meskipun layanan cloud dan sejenisnya Spotify dan Netflix telah membuat penyimpanan internal (terkadang disebut penyimpanan lokal) kurang penting daripada sebelumnya. Saat memutakhirkan, yang terbaik adalah mendapatkan lebih dari yang Anda pikir Anda perlukan, dan melihat sisa memori pada perangkat lama Anda akan memberi Anda gambaran tentang apa yang sesuai.

Anda selalu dapat menambahkan penyimpanan eksternal nanti hard drive eksternal dan drive USB (untuk komputer) atau kartu memori (untuk ponsel cerdas tertentu). Jika Anda memilih ponsel yang lebih murah dengan penyimpanan internal terbatas, Anda mungkin dapat menambahkan lebih banyak ruang dengan cara ini, tetapi periksa dulu ponsel seperti iPhone Apple dan Google Pixel tidak membiarkan Anda melampaui apa yang dibuatnya.

Untuk memberi gambaran kasar tentang berapa banyak penyimpanan yang mungkin Anda perlukan, film berukuran sekitar 4 hingga 6GB saat diunduh dalam HD 720p dari iTunes. Semua kecuali ponsel paling murah di pasaran saat ini memulai Anda dengan penyimpanan internal 32GB, sementara laptop dan desktop biasanya mulai dari 128GB.

GPU (unit pemrosesan grafis)

GPU seperti CPU, tetapi untuk apa yang Anda lihat di layar Anda. Ini bekerja di mana bayangan seharusnya berada di game balap favorit Anda, misalnya, atau memproses efek augmented reality untuk filter kamera.

Di dalam ponsel, GPU disematkan pada sirkuit yang sama dengan CPU chipset Snapdragon 855 di sebagian besar ponsel Android unggulan tahun 2019 hadir dengan GPU Adreno 640, misalnya. Prosesor grafis juga sering diintegrasikan ke dalam chipset CPU pada komputer, terutama di dalam model atau laptop yang lebih murah di mana ruangnya mahal, tetapi prosesor tersebut juga dapat ditemukan pada kartu grafis khusus.

Kecuali Anda seorang gamer atau editor video yang serius, Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang GPU. Seringkali, itu akan dipilih untuk melengkapi prosesor utama dalam hal seberapa kuat dan mampu itu.

Jika Anda membeli GPU pada kartu grafis terpisah, atau mencoba membangun komputer dari awal, Anda harus mempertimbangkan spesifikasi seperti kecepatan clock dan RAM video khusus untuk membantu menentukan pilihan semakin banyak semakin baik. Kartu kelas atas akan membuat Anda mengembalikan sejumlah besar uang tunai, tetapi kartu kelas menengah dan anggaran juga bisa sangat mumpuni.

Teknologi tampilan

Untuk ponsel, pilihan utama untuk tampilan adalah OLED (organic light-emitting diode) dan LCD (liquid-crystal display). Salah satu perbedaan utama di antara keduanya adalah cara layar menyala, dengan OLED yang menawarkan kontrol piksel demi piksel atas kecerahan layar.

Itu biasanya berarti OLED menawarkan pengalaman menonton yang lebih kaya, dengan warna hitam yang lebih dalam dan warna yang lebih hidup. Namun, layar LCD juga bisa mengesankan, dan dikenal biasanya menghasilkan warna yang lebih alami. Anda akan sering menemukan layar LCD pada ponsel yang lebih murah, karena teknologinya lebih murah untuk produsen.

Karena aspek teknis pembuatan layar ini, LCD biasanya mendominasi pada laptop dan monitor komputer, tetapi OLED sekarang mulai muncul pada perangkat keras kelas atas. Jika Anda memiliki anggaran untuk itu, biasanya itu adalah pilihan yang lebih baik.

Spesifikasi komputer dan ponsel juga akan mencantumkan resolusi piksel, yang merupakan jumlah piksel yang dijejalkan ke dalam layar, dan rasio aspek (seperti 16:9 untuk tampilan laptop layar lebar). Anda akan sering melihat penghitungan piksel per inci di atasnya semakin tinggi angka ini, semakin tajam layarnya.

peringkat IP

Sebagian besar ponsel di pasaran hadir dengan peringkat IP, yang merupakan singkatan dari “perlindungan masuknya air”, dan pada dasarnya menunjukkan betapa mudahnya debu dan air masuk ke perangkat. Jadi IP68, misalnya, peringkat teratas untuk perangkat konsumen, berarti peringkat enam untuk debu (partikel tidak bisa masuk) dan delapan untuk air (akan bertahan perendaman terus menerus sesuai spesifikasi pabrikan).

Dengan peringkat IP67 atau IP68, ponsel harus bertahan di bawah air, tetapi ponsel IP68 dapat bertahan lebih lama di kedalaman yang lebih dalam. Pabrikan seharusnya merinci ini dalam daftar produk, jadi Anda mungkin akan melihat sesuatu seperti “kedalaman 1,5 meter selama 30 menit” yang memberi tahu Anda dengan tepat apa yang dapat ditahan ponsel.

Tidak semua ponsel dilengkapi dengan peringkat IP, tetapi Anda mungkin melihat istilah seperti “tahan air” atau “tahan percikan”. Terserah pembuat telepon untuk menguraikan dengan tepat apa arti istilah-istilah itu dan berapa banyak hujan yang dapat ditahan oleh handset.

Anda belum akan menemukan peringkat ini di laptop dan desktop teknologi anti air dan anti debu belum cukup maju untuk dapat mencakup seluruh komputer. Untuk ponsel, ini adalah sesuatu yang harus dicari jika Anda membutuhkannya, atau cara menghemat uang untuk upgrade jika tidak.

Baterai dan pengisian daya

Baterai telepon terdaftar dengan miliampere jam (mAh), yang pada dasarnya menunjukkan kapasitas energi baterai. Anda harus selalu mempertimbangkan hal ini di samping berapa banyak daya yang digunakan ponsel handset dengan layar lebih besar dan komponen yang lebih cepat akan menguras baterai lebih cepat jadi pastikan Anda memeriksa perkiraan masa pakai baterai pabrikan serta kapasitas baterai itu sendiri.

Sebagian besar ponsel sekarang hadir dengan beberapa jenis kemampuan pengisian cepat, meskipun spesifikasinya bervariasi di antara perangkat. Cari kapasitas pengisian daya dalam watt (W), yang akan memberi Anda indikasi berapa banyak daya yang dapat digunakan ponsel sekaligus, dan seberapa cepat baterai akan diisi ulang. Banyak ponsel sekarang menawarkan pengisian nirkabel juga, tetapi biasanya wattnya lebih rendah dan membutuhkan waktu lebih lama.

Dalam kebanyakan kasus, Anda harus menggunakan pengisi daya yang disertakan dengan ponsel Anda jika Anda ingin mendapatkan kecepatan pengisian maksimum. Itu karena kabel default akan dikalibrasi untuk memanfaatkan teknologi pengisian daya bawaan perangkat. Pengisi daya lain mungkin berfungsi, tetapi mungkin tidak mengisi daya ponsel Anda dengan cepat.

Saat Anda berbelanja laptop, jarang melihat kapasitas baterai yang tercantum dalam mAh. Sebagai gantinya, Anda biasanya hanya akan melihat waktu yang dikutip antara biaya berdasarkan penggunaan biasa. Sebaiknya periksa ini dengan ulasan independen untuk memastikan perangkat memenuhi klaim masa pakai baterainya.

Spesifikasi kamera

Anda mungkin telah memperhatikan perlombaan untuk mengemas semakin banyak lensa kamera ke dalam smartphone. Pada dasarnya, ini memungkinkan trik foto tambahan, seperti sudut yang lebih lebar jika Anda ingin lebih pas dalam bingkai dan tingkat zoom yang lebih tinggi jika Anda ingin lebih dekat dengan aksi.

Mungkin sulit untuk menemukan spesifikasi yang tepat untuk kamera ponsel, tetapi jika Anda dapat melacaknya, Anda biasanya akan melihat peringkat megapiksel dan nilai f-stop (seperti f/2.0). Yang pertama akan membantu Anda memahami seberapa besar gambar dan seberapa banyak detail yang akan disertakan, sedangkan yang kedua menunjukkan seberapa banyak cahaya yang masuk ke lensa dan seberapa baik itu akan mengatasi pemandangan yang lebih gelap. Semakin rendah angka f-stop, semakin banyak cahaya yang masuk.

Menggali lebih dalam, Anda mungkin dapat menemukan referensi untuk sensor dan ukuran piksel. Dalam kedua kasus, ukuran yang lebih besar berarti lebih banyak cahaya yang ditangkap, dan, secara teori, gambar yang lebih baik.

Dengan mengingat hal itu, pertimbangkan spesifikasi lensa sebagai panduan yang berguna untuk kualitas kamera ponsel, tetapi bukan kata akhir. Lensa yang lebih banyak, sensor yang lebih besar, dan megapiksel yang lebih besar akan menghasilkan kamera yang lebih baik, tetapi itu bukan jaminan pastikan untuk memeriksa sampel jepretan dan ulasan di web untuk mengetahui dengan pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.