Prinsip dan Cara Kerja Sel Surya

Saat ini penggunaan tenaga surya sebagai energi alternatif memadai digemari masyarakat. Solar cell atau disebut juga sebagai sel surya merupakan sebuah alat yang berguna untuk merubah energi yang berasal berasal dari cahaya matahari menjadi listrik yang manfaatkan komitmen berasal dari efek photovoltaic. Apa sebenarnya efek photovoltaic? Jadi, efek photovoltaic merupakan suatu fenomena yang berlangsung akibat adanya tegangan listrik dikarenakan hubungan antara dua elektroda dengan sistem padatan atau cairan selagi meraih energi cahaya. Berdasarkan langkah kerja sel surya maka banyak orang yang menyebut solar cell sebagai efek photovoltaic.

Bagaimana Prinsip dan Cara Kerja Solar Cell?
Pancaran cahaya matahari terdiri atas partikel – partikel yang benar-benar kecil dan sering disebut sebagai foton. Foton ini nantinya akan menghantam bagian atom yang terdiri atas silikon semikonduktor sel surya. Ledakan yang berlangsung akibat hantaman foton tersebut akan mengundang energi yang benar-benar besar dan dapat memisahkan elektron berasal dari struktur – struktur atom penyusunnya. Elektron yang terpisah akibat sistem ledakan akan beralih menjadi dua muatan yakni elektron dengan muatan negatif dan elektron dengan muatan positif. Sebenarnya apa saja perbedaan elektron bermuatan negatif dan elektron bermuatan positif? Elektron bermuatan negatif akan lebih bebas bergerak di area pita konduksi yang berasal berasal dari material silikon semikonduktor. Nantinya terhadap atom yang kehilangan elektron akibat pergerakan elektron tersebut akan meninggalkan struktur kosong yang disebut juga dengan “hole” atau sebagai elektron dengan muatan positif.

Bagian silikon semikonduktor yang diisi dengan elektron bebas akan miliki cii-ciri negatif dan berguna sebagai donor elektron terhadap bagian semikonduktor dengan type semi konduktor N. Sedangkan terhadap bagian semikonduktor dengan hole yang miliki cii-ciri positif akan berguna sebagai penerima atau resipien elektron dan sering disebut sebagai type P Plts on grid .

Pada persimpangan yang berlangsung antara type P dan type N atau type positif dan type negatif akan membentuk (PN Junction). PN Junction inilah yang akan mengundang energi dan dapat mendorong elektron beserta hole secara kuat untuk bergerak ke arah yang berlawanan. Arus listrik juga berasal berasal dari persimpangan area positif atau negatif atau disebut juga sebagai PN Junction.

Implementasi Sel Surya Pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya
Secara sederhana, sel surya terhadap panel surya akan menangkap cahaya matahari dan mengubahnya ke listrik arus DC. Lalu, inverter yang terdapat terhadap bagian panel surya akan merubah arus DC menjadi arus AC sehingga terbentuk arus listrik. Setelah itu listrik yang dihasilkan akan disimpan dalam baterai. Lisitrk ini dapat disalurkan melalui kabel ke bagian rumah kamu seandainya untuk menyalakan kulkas, lampu, tv atau peralatan listrik lainnya.

Biaya pemasangan sel surya di Indonesia untuk kapasitas listrik sebesar 1 kWp membutuhkan ongkos sebesar 15 sampai 18 juta. Namun, sebenarnya ongkos tersebut bukanlah ongkos yang mahal mengingat umur panel surya dapat mencapai 25 tahun. Berdasarkan pengamatan dengan menempatkan sel surya dapat menghemat listrik sebesar 2 sampai 3 juta per bulannya. Jika ditotal per tahunnya kamu akan dapat menghemat sampai 30 juta untuk pengeluaran listrik perbulan.

Hal lain yang menarik yakni pelanggan dapat menjual listrik yang dihasilkan oleh panel surya kepada PLN. Jadi, ringkasnya disaat kamu tidak membutuhkan listriknya terhadap siang hari maka kamu dapat menjualnya ke PLN. Namun selagi malam hari kamu perlu membeli kembali listrik tersebut kalau kamu miliki cadangan listrik di dalam baterai. Sebelum menempatkan panel surya kamu bisa saja akan terima tawaran lebih dari satu type panel surya. Panel surya yang umum digunakan yakni panel surya mono-crystalline yang diakui sebagai panel surya paling efisien untuk selagi ini. Namun peralatan ini hanya dapat digunakan terhadap kondisi area dengan cuaca benar-benar panas. Untuk area layaknya Indonesia dapat pilih type panel surya polikristal. Selain itu penggunaan sel surya juga dapat digunakan terhadap pompa air tenaga surya contohnya pompa submersible.

Leave a Reply

Your email address will not be published.